Popular posts

Asan On Minggu, 02 Februari 2014

Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet berawal dari tahun 1962, saat pemerintah Amerika menegaskan pentingnya komunikasi yang tidak mudah rusak, terutama oleh serangan musuh dalam Perang Dingin, yakni Uni Soviet. Oleh karenanya pada masa itu negara Amerika memfokuskan diri pada perkembangan teknologi dan sains dibandingkan industri. Beberapa perusahaan mencurhakan dana bantuan kepada pemerintah demi mendukung perkembangan penelitian di bidang teknologi dan sains. Pada masa inilah lahir NASA (National Aernautics and Space Administration) dan ARPA (Departement of Defense’s Advanced Research Project Agency). Pada tahun yang sama, seorang ilmuwan M.I.T. bernama J.C.R. Licklider dan W. Clark mengenalkan konsep “Intergalactic Network“. Konsep ini bertujuan agar setiap unit komputer dapat melakukan komunikasi antara satu dengan yang lain dalam suatu ruang virtual. Sistem ini dapat menjamin komunikasi jarak jauh yang diinginkan pemerintah Amerika. Dari konsep ini lahirlah ARPAnet yang menjadi cikal bakal internet saat ini.
Sejarah Perkembangan Internet
Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet: Komunikasi Internet

Dalam artikel Sejarah Perkembangan Internet ini, suatu sistem tidak akan berguna jika komunikasi yang berjalan di dalamnya tidak lancar. Seperti halnya pada internet, saat awal diberlakukan, masalah komunikasi menjadi masalah kendala utama. Pada tahun 1965 seorang ilmuwan M.I.T. mengembangkan konsep komunikasi yang disebut sebagai ‘packet switching‘. Konsep ini memungkinkan pemecahan data menjadi beberapa blok atau paket yang bertujuan memberlakukan jalur masing-masing untuk tiap paket atau blok hasil pecahan data. Hal ini dapat mencegah hilangnya data dan meningkatkan keamanan dari transimisi komunikasi yang dilakukan. Tetapi belum sempruna sebagai metode komunikasi dalam internet.
Pada tahun 1969 dilakukan pengiriman pesan yang pertama kali oleh ARPAnet. Percobaan ini dilakukan dengan melakukan pengiriman sebuah kata ‘LOGIN’ dari komputer yang berada di UCLA ke komputer yang berada di Stanford. Pada percobaan pengiriman pesan ini ARPAnet menggunakan metode ‘node to node‘. Sayang sekali percobaan pengiriman tidak seutuhnya berhasil karena hilangnya beberapa karakter yang diterima oleh UCLA.
Revolusi komunikasi internet terjadi pada tahun 1970 ketika seorang ilmuwan bernama Vinton Cerf menciptakan “Transmission Control Protocol” atau TCP. Metode ini dapat digambarkan sebagai komputer yang berjabat tangan dengan dunia virtual internet sehingga dikenal dan dapat melakukan komunikasi. Saat ini kita mengenalnya sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Permasyaraktan Internet

gambar 8Internet mulai digunakan secara komersial pada tahun 1990 melalui disediakannya provider internet komersil, yakni provider dial-up access, yang bernama world.std.com. Dalam setahun Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web (WWW) dan ARPAnet dibubarkan dan diganti dengan NFSNET.  Pada tahun 1991 NFSNET mencapai traffic hingga 10 trillion bytes/month dan 10 billion paket/month. Pada tahun yang sama, CREN (Corporation for Research and Education Networking) merilis WWW untuk publik. Dua tahun kemudian, InterNEIC dibuat untuk menyediakan layanan database/directory, regstrasi, dan informasi bagi internet. Tahun ini adalah saat internet menjadi pusat perhatian publik bagi masyarakat di dunia.
Tahun 1994 menjadi tahun kelahiran pusat perbelanjaan di internet, ditandai dengan munculnya cyberstation (RT-FM) dan online delivery pizza pertama dari Pizza Hut. Selain itu tahun ini ditandai pula dengan penambahan ribuan host pada internet. Tahun 1995 menjadi tahun kemunculan JAVA. Teknologi streaming audio menjadi populer di Internet saat itu.
Pertengann tahun 90-an adalah masa gencarnya akan keberadaan search engine dan ketatnya persaingan browser antara Netscape dan Microsoft. Pada akhir tahun 90-an, penyedia layanan internet independen seperti AT&T, Sprint, BBN planet, dsb. menjadi tulang punggung penghasil traffic Internet pada masa itu. Berbagai teknologi seperti Push, Multicasting, dan Streaming Media pun bermunculan. Tahun 1999 menjadi kemunculan full service bank pertama di Internet. Pada tahun yang sama e-Trade, online banking, dan mp3 menjadi popular di kalangan masyarakat luas.

Sejarah Perkembangan Internet: Internet Kini

Internet tidak hanya berhasil melewati Y2K, tetapi juga menghasilkan pengguna dan pengaruh yang terus bertambah dengan kecepatan yang drastis. Dengan estimasi 2.405.518.376 pengguna internet pada Juni 2012 di dunia, internet  akan terus berkembang hingga nanti.